Beranda Belajar Islam Aqidah Apa Itu Arsy Allah?

Apa Itu Arsy Allah?

198
0
BERBAGI

Apa Itu Arsy Allah?

A. Makna Arsy

Imam Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan;
“Arsy Allah adalah dipan yang memiliki penyangga yang dipikul oleh para Malaikat, dan ia seperti kubah bagi alam semesta, dan ia adalah atap bagi semua makhluk.”
(Al-Bidayah Wa An-Nihayah, 1:12)

Imam Ibnu Hajar rahimahullah menjelaskan;
“Allah berfirman: Dia adalah Rabb yang memiliki Arsy yang agung (Surat At-Taubah: ayat 129). Memberikan isyarat dan penunjukkan, bahwa Arsy dimiliki, dan setiap yang dimiliki Allah adalah makhluk. Dan dalam penetapan tiang-tiang Arsy ada penunjukan yang tegas bahwa Arsy adalah sesuatu yang tersusun dari beberapa bagian dan anggota tubuh, dan sesuatu yang tersusun demikian adalah makhluk yang diciptakan.”
(Fathu Al-Bari, 13:405)

Imam Adz-Dzahabi rahimahullah menjelaskan;
“Apa yang disangka tentang Al-Arsy yang agung, yang telah dijadikan Allah untuk diriNya dalam ketinggian, luas, tiang-tiang, bentuk, pemikulnya dan Malaikat-malaikat berlingkar disekeliling Arsy, serta kebagusan dan keindahannya. Sungguh telah diriwayatkan, dia dibuat dari yaquut (jenis permata yang sangat indah) yang berwarna merah.”
(Al-Ulu, hlm.57)

B. Arsy Adalah Makhluk Allah

Sebagaimana Allah azza wa jalla berfirman;

اَللَّهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ ٱلۡعَرۡشِ ٱلۡعَظِيمِ
“Allah, tiada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar, kecuali hanya Dia, Rabb yang mempunyai (menciptakan) Arsy yang besar.”
(Surat An-Naml: ayat 26)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata;
“Arsy juga makhluk, karena Allah berfirman (yang artinya): Dia Rabb Arsy yang agung. Dia menciptakan segala sesuatu, serta Arsy dan yang lainnya. Rabb segala sesuatu, Arsy dan yang lainnya.”
(Majmu Fatawa, 18:214)

Imam Adz-Dzahabi rahimahullah berkata;
“Generasi umat masa silam dan para ulamanya mengatakan, bahwa Al-Quran dan As-Sunnah menegaskan, bahwa Arsy merupakan salah satu makhluk Allah taala, Allah yang menciptakannya dan mewujudkannya. Allah berfirman (yang artinya): Dan Dia Rabb Al-Arsy yang agung (Surat At-Taubah: ayat 129). Arsy disifati dengan marbub. Dan semua yang marbub (diciptakan, dimiliki, diatur) adalah makhluk. Sehingga Arsy juga termasuk salah satu makhluk Allah.”
(Al-Arsy, 1:307)

Imam Ibnu Hazm rahimahullah berkata;
“Ulama telah sepakat, bahwa Allah yang maha esa, tiada sekutu bagiNya, pencipta segala sesuatu selain Dia. Dia selalu maha esa. Tiada sesuatu selain Allah yang membersamaiNya. Kemudian Dia menciptakan segala sesuatu sesuai dengan yang Dia inginkan. Jiwa itu makhluk, Arsy itu makhluk, dan alam semuanya adalah makhluk.”
(Maratib Al-Ijma, hlm.167)

Allah menyatakan bahwa Arsy adalah milikNya;

ذُو ٱلۡعَرۡشِ ٱلۡمَجِيدُ
“(Allah) yang mempunyai Arsy, lagi maha mulia.”
(Surat Al-Buruj: ayat 15)

Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullahu menjelaskan;
“Ayat ini mengisyaratkan bahwa Arsy itu marbub, dan setiap yang diciptakan maka dia makhluk.”
(Fathu Al-Bari, 13:405)

C. Arsy Adalah Makhluk Pertama Yang Allah Ciptakan

Sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الْخَلَائِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ، قَالَ وَعَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ
“Allah telah menentukan takdir bagi semua makhluk 50.000 tahun sebelum Allah menciptakan langit dan bumi. Rasulullah menambahkan: Dan Arsy Allah itu sudah berada di atas air.”
(HR. Imam Muslim, no.4797)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata;
“Yang pertama kali Allah ciptakan dari segala sesuatu yang kita ketahui adalah Arsy. Kemudian Allah beristiwa di atasnya setelah menciptakan langit dan bumi, sebagaimana Allah berfirman: Dan Dia lah yang menciptakan langit dan bumi dalam waktu enam hari. (Sebelumnya) Arsy Allah berada di atas air, untuk menguji kalian siapakah yang paling baik amalnya.”
(Majmu Fatawa Wa Rasail, 1:62)

D. Arsy Adalah Makhluk Allah Yang Paling Besar

Allah azza wa jalla berfirman;

وَهُوَ رَبُّ ٱلۡعَرۡشِ ٱلۡعَظِيمِ
“Dan Dia adalah Rabb yang memiliki Arsy yang agung.”
(Surat At-Taubah: ayat 129)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

ﻣَﺎ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﻭَﺍﺕُ ﺍﻟﺴَّﺒْﻊُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻜُﺮْﺳِﻲِّ ﺇِﻻَّ ﻛَﺤَﻠَﻘَﺔٍ ﻣُﻠْﻘَﺎﺓٍ ﺑِﺄَﺭْﺽِ ﻓَﻼَﺓٍ ﻭَﻓَﻀْﻞُ ﺍﻟْﻌَﺮْﺵِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻜُﺮْﺳِﻲِّ ﻛَﻔَﻀْﻞِ ﺗِﻠْﻚَ ﺍﻟْﻔَﻼَﺓِ ﻋَﻠَﻰ ﺗِﻠْﻚَ ﺍﻟْﺤَﻠَﻘَﺔِ
“Tidaklah tujuh langit dibandingkan kursi (Allah), kecuali seperti cincin yang dilemparkan di tanah lapang, dan besarnya Arsy dibandingkan kursi adalah seperti tanah lapang dibandingkan dengan cincin.”
(HR. Al-Baihaqi, Al-Asma Wa Ash-Shifaat, 2:300-301. Syaikh Al-Albani menyatakan hadits ini shahih, dengan menggabungkan semua jalurnya, Silsilah Ash-Shahihah, no.109)

E. Arsy Adalah Makhluk Allah Yang Paling Tinggi

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَبِرَسُولِهِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَصَامَ رَمَضَانَ كَانَ حَقًّا عَلَى اللَّهِ أَنْ يُدْخِلَهُ الْجَنَّةَ جَاهَدَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَوْ جَلَسَ فِي أَرْضِهِ الَّتِي وُلِدَ فِيهَا فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفَلَا نُبَشِّرُ النَّاسَ قَالَ إِنَّ فِي الْجَنَّةِ مِائَةَ دَرَجَةٍ أَعَدَّهَا اللَّهُ لِلْمُجَاهِدِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ مَا بَيْنَ الدَّرَجَتَيْنِ كَمَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ فَإِذَا سَأَلْتُمُ اللَّهَ فَاسْأَلُوهُ الْفِرْدَوْسَ فَإِنَّهُ أَوْسَطُ الْجَنَّةِ وَأَعْلَى الْجَنَّةِ أُرَاهُ فَوْقَهُ عَرْشُ الرَّحْمَنِ وَمِنْهُ تَفَجَّرُ أَنْهَارُ الْجَنَّةِ
“Barang siapa yang beriman kepada Allah, menegakkan shalat, berpuasa di bulan Ramadhan, maka sudah pasti Allah akan memasukkannya ke dalam Surga, baik apakah dia berjihad di jalan Allah, atau dia hanya duduk tinggal di tempat dia dilahirkan. Mereka bertanya: Wahai Rasulullah, apakah tidak sebaiknya kami sampaikan berita gembira ini kepada orang-orang? Beliau bersabda: Sesungguhnya di Surga itu ada 100 derajat (kedudukan) yang Allah menyediakannya buat para Mujahid di jalan Allah, yang jarak antara dua derajat itu seperti jarak antara langit dan bumi. Untuk itu, jika kalian minta kepada Allah, maka mintalah Surga Firdaus! Karena ia adalah Surga yang paling tengah dan yang paling tinggi. Aku pernah diperlihatkan, bahwa di atas Surga Firdaus itu adalah singgasanaNya Allah yang maha pemurah, yang darinya mengalir sungai-sungai Surga.”
(HR. Imam Bukhari, no.2581)

F. Arsy Adalah Makhluk Allah Yang Paling Mulia

Allah azza wa jalla berfirman;

فَتَعٰلَى اللّٰهُ الْمَلِكُ الْحَـقُّ ۚ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۚ رَبُّ الْعَرْشِ الْـكَرِيْمِ
“Maka maha tinggi Allah, Raja yang sebenarnya, tidak ada Rabb (yang berhak disembah dengan benar) selain Dia, Rabb (yang memiliki) Arsy yang mulia.”
(Surat Al-Muminun: ayat 116)

G. Arsy Dipikul Para Malaikat

Allah azza wa jalla berfirman;

اَلَّذِيْنَ يَحْمِلُوْنَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهٗ يُسَبِّحُوْنَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُوْنَ بِهٖ وَيَسْتَغْفِرُوْنَ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا  ۚ رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَّعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِيْنَ تَابُوْا وَاتَّبَعُوْا سَبِيْلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيْمِ
“(Malaikat-malaikat) yang memikul Arsy dan (Malaikat) yang berada di sekelilingnya bertasbih dengan memuji Rabbnya, dan mereka beriman kepadaNya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman (seraya berkata): Ya Rabb kami, rahmat dan ilmu yang ada padaMu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalanMu, dan peliharalah (lindungilah) mereka dari adzab Neraka!”
(Surat Ghafir: ayat 7)

Allah juga berfirman;

وَّالْمَلَكُ عَلٰۤى اَرْجَآئِهَا ۗ وَيَحْمِلُ عَرْشَ رَبِّكَ فَوْقَهُمْ يَوْمَئِذٍ ثَمٰنِيَةٌ ۗ
“Dan para Malaikat berada di berbagai penjuru langit. Pada hari itu delapan Malaikat menjunjung Arsy (singgasana) Rabbmu di atas (kepala) mereka.”
(Surat Al-Haqqah: ayat 17)

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

أُذِنَ لِي أَنْ أُحَدِّثَ عَنْ مَلَكٍ مِنْ مَلَائِكَةِ اللَّهِ مِنْ حَمَلَةِ الْعَرْشِ إِنَّ مَا بَيْنَ شَحْمَةِ أُذُنِهِ إِلَى عَاتِقِهِ مَسِيرَةُ سَبْعِ مِائَةِ عَامٍ
“Aku telah diberi izin untuk menceritakan tentang sesosok Malaikat dari Malaikat-malaikat Allah yang bertugas membawa Arsy. Sesungguhnya, jarak antara ujung telinga dengan bahunya adalah sejauh perjalanan 700 tahun.”
(HR. Abu Dawud, no.4102)

Sebagai penutup dan pelengkap, bagi teman-teman yang belum paham tentang Kursi Allah, mari simak penjelasannya di website khiyaar.com, dengan judul artikel: Apa Itu Kursi Allah?
___
@Kota Angin-Majalengka, Jawa Barat
27 Jumadal Ulaa 1440H/02 Februari 2019M.

Penulis: Abu Humairo Muhamad Fadly.

BERBAGI
Artikel sebelumnyaAllah Ada Dimana?
Artikel sesudahnyaApa Itu Kursi Allah?
Khiyaar TV adalah media dakwah dan sosial yang berada di daerah Cideres, Majalengka, Jawa Barat. Khiyaar TV mulai terbentuk pada 08 Ramadhan 1438H/03 Juni 2017M. Berawal dari satu orang dari kami yang menemani perjalanan Ustadz Abu Humairo Muhamad Fadly hafizhahullah mengisi kajian rutin dengan kendaraan pribadi miliknya. Waktu itu Ustadz sedang ada jadwal mengisi kajian daurah Ramadhan di daerah Indramayu (tetangga kota Majalengka). Dari situlah, semuanya bermula. Orang tersebut adalah yang mengenalkan kami dengan Ustadz Abu Humairo Muhamad Fadly. Padahal, kami sudah cukup lama tinggal di Majalengka, karena memang sebagian besar dari kami adalah putra asli Majalengka. Namun, kami belum kenal dengan Ustadz, sehingga kami belum tahu adanya majelis ilmu rutin di sekitar Cideres, Majalengka. Alhamdulillah alladzi binimatihi tatimmus shaalihaat, kami sangat bersyukur kepada Allah azza wa jalla, pertemuan kami dengan orang tersebut adalah awal dari pintu kebaikan. Sebab situlah kami kenal dengan Ustadz, mulai bisa merasakan nikmatnya duduk di majelis ilmu dengan rutin dan sampai pada Allah pun mudahkan langkah kebaikan untuk kami, yakni dengan kami pun bisa membuat sebuah komunitas Islam dan media dakwah. Karena kami memiliki cita-cita ingin menjadi makhluk Allah yang bermanfaat untuk makhluk Allah yang lain, maka kami juga membuat berbagai program sosial, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap sesama, dan inilah akhlak yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan para Sahabatnya radhiyallahu anhum, sehingga terbentuklah MEDIA DAKWAH & SOSIAL KHIYAAR TV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here