Beranda Belajar Islam Amalan Mau Dapat 2 Juta & Rumah Sepulang Dari Pasar?

Mau Dapat 2 Juta & Rumah Sepulang Dari Pasar?

474
0
BERBAGI

Mau Dapat 2 Juta & Rumah Sepulang Dari Pasar?

Hafalkan dan amalkanlah doa di bawah ini, dengan membacanya setiap masuk pasar dan tempat keramaian semisalnya!

Dari Sahabat Abdullah bin Umar radhiyallahu anhumaa, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

مَنْ قَالَ فِي السُّوقِ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. كَتَبَ اللَّهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ وَبَنَى لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ
“Barang siapa yang di pasar mengucapkan: LAA ILAAHA ILLALLAAHU WAHDAHU LAA SYARIIKA LAHU LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU YUHYII WA YUMIITU WA HUWA HAYYUN LAA YAMUUTU BIYADIHIL KHAIRU WA HUWA ALAA KULLI SYAIN QADIIR (Tidak ada Rabb yang berhak disembah dengan benar, kecuali Allah semata dan tidak ada sekutu bagiNya, milikNya semua kerajaan dan bagiNya seluruh pujian, Dia Yang menghidupkan dan mematikan, di tanganNya segala kebaikan, dan Dia maha mampu melakukan segala sesuatu), maka Allah mencatat untuknya 1 juta kebaikan, dan menghapus darinya 1 juta kesalahan, dan membangunkan rumah untuknya di Surga.”
(HR. At-Tirmidzi, no.3351. Syaikh Al-Albani menyatakan hadits ini hasan)

Masyaallah laa quwwata illa billaah, tidak bisa kita bayangkan, dengan hanya membaca dzikir dan doa di atas ketika masuk pasar, membuat kita bisa mendapatkan pahala yang sangat besar.

Mengapa bisa demikian?

Imam Ibnu Rajab rahimahullah menjelaskan;
“Dalam hadits ini terdapat keterangan tentang keutamaan berdzikir kepada Allah pada saat tidak ada orang yang berdzikir. Karena itulah, terdapat keutamaan besar untuk berdzikir ketika masuk pasar, sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan keterangan Sahabat. Hingga Abu Sholeh mengatakan: Sesungguhnya Allah tertawa terhadap orang yang berdzikir ketika masuk pasar. Disebabkan orang ini berdzikir di tempat yang melalaikan, di tengah-tengah orang yang lalai untuk berdzikir kepada Allah.”
(Lathaif Al-Maarif, hlm.131)

Beliau juga berkata;
“Sebagian ulama salaf mengatakan: Berdzikir mengingat Allah di tengah orang yang lupa terhadap Allah, itu seperti orang yang melindungi sekelompok masyarakat yang lemah. Andaikan bukan karena keberadaan orang yang berdzikir di tengah kelalaian manusia, niscaya mereka semua akan binasa.”
(Lathaif Al-Maarif, hlm.133)

Abu Qilabah rahimahullah bercerita;
“Ada dua orang mukmin yang bertemu di pasar. Kemudian yang satu memberikan nasihat kepada temannya: Mari kita memohon ampun kepada Allah di tengah kelalaian manusia! Mereka berdua pun banyak membaca istighfar. Suatu ketika, salah satu dari mereka berdua wafat. Tiba-tiba yang hidup bertemu temannya yang sudah wafat dalam mimpi, lalu dia berkata: Tahukah kamu, ternyata Allah mengampuni dosa kita sore hari itu, ketika kita bertemu di pasar.”
(At-Targhib Wa At-Tarhib, no.2620)

Catatan;
1. Memperbanyak dzikir juga berlaku ketika kita memasuki daerah yang umumnya manusia lupa terhadap Allah azza wa jalla, seperti tempat rekreasi, terminal, bandara, mall, dan tempat keramaian semisalnya.

2. Cara membaca dzikir atau doa yang benar adalah dengan menggerakan kedua bibir, bukan dalam hati. Termasuk di dalamnya adalah cara membaca bacaan shalat yang sir (pelan), seperti shalat Zhuhur, Ashar, rakaat ketiga Maghrib dan rakaat ketiga dan keempat Isya.

Imam Al-Kasani rahimahullah menjelaskan;
“Membaca hendaklah dengan menggerakkan lisan (bibir) ketika mengucapkan huruf. Jika ada yang mampu membaca namun, hanya diam saja tanpa menggerakkan lisan dengan mengucapkan huruf, maka shalatnya tentu tidak sah.”
(Badai Ash-Shanai, 4:118)

Jadi, sangat jelas berbeda antara membaca dengan menggerakan lisan dan di dalam hati!

Mari, manfaatkan kesempatan spesial ini di tengah kelengahan manusia, untuk mendapatkan pahala yang sangat berharga di sisi Allah azza wa jalla!

Oleh karena itu, mari biasakan lisan kita untuk selalu basah dengan dzikir (mengingat Allah) kapan pun dan dimana pun kita berada!

Semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita untuk menghiasi ibadah yang wajib dengan ibadah yang sunnah dan kita bisa selalu ingat kepadaNya. Aamiin

Selamat menghafalkan dan mengamalkan!
_____
@Kota Angin, Majalengka.
28 Syawwal 1439H/12 Juli 2018M.

Penulis: Abu Humairo Muhamad Fadly

BERBAGI
Artikel sebelumnyaPANGGILAN JIHAD DENGAN HARTA & DOA
Artikel sesudahnyaAda Berapa Tabunganmu?
Khiyaar TV adalah media dakwah dan sosial yang berada di daerah Cideres, Majalengka, Jawa Barat. Khiyaar TV mulai terbentuk pada 08 Ramadhan 1438H/03 Juni 2017M. Berawal dari satu orang dari kami yang menemani perjalanan Ustadz Abu Humairo Muhamad Fadly hafizhahullah mengisi kajian rutin dengan kendaraan pribadi miliknya. Waktu itu Ustadz sedang ada jadwal mengisi kajian daurah Ramadhan di daerah Indramayu (tetangga kota Majalengka). Dari situlah, semuanya bermula. Orang tersebut adalah yang mengenalkan kami dengan Ustadz Abu Humairo Muhamad Fadly. Padahal, kami sudah cukup lama tinggal di Majalengka, karena memang sebagian besar dari kami adalah putra asli Majalengka. Namun, kami belum kenal dengan Ustadz, sehingga kami belum tahu adanya majelis ilmu rutin di sekitar Cideres, Majalengka. Alhamdulillah alladzi binimatihi tatimmus shaalihaat, kami sangat bersyukur kepada Allah azza wa jalla, pertemuan kami dengan orang tersebut adalah awal dari pintu kebaikan. Sebab situlah kami kenal dengan Ustadz, mulai bisa merasakan nikmatnya duduk di majelis ilmu dengan rutin dan sampai pada Allah pun mudahkan langkah kebaikan untuk kami, yakni dengan kami pun bisa membuat sebuah komunitas Islam dan media dakwah. Karena kami memiliki cita-cita ingin menjadi makhluk Allah yang bermanfaat untuk makhluk Allah yang lain, maka kami juga membuat berbagai program sosial, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap sesama, dan inilah akhlak yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan para Sahabatnya radhiyallahu anhum, sehingga terbentuklah MEDIA DAKWAH & SOSIAL KHIYAAR TV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here