Beranda Belajar Islam Adab Amalan Di Hari Jumat

Amalan Di Hari Jumat

320
0
BERBAGI

AMALAN DI HARI JUMAT

1. Membaca Surat As-Sajdah Dan Al-Insan Dalam Shalat Shubuh.
Sahabat Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhuma berkata;

كَانَ يَقْرَأُ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ الم تَنْزِيلُ السَّجْدَةِ وَهَلْ أَتَى عَلَى الْإِنْسَانِ حِينٌ مِنْ الدَّهْرِ
“Bahwa biasanya Nabi shallallahu alaihi wa sallam ketika mengerjakan shalat Shubuh pada hari Jumat, beliau membaca: ALIF LAAM MIIM TANZIIL (surat As-Sajdah) dan HAL ATAA ALAL INSAANI HIINUM MINAD DAHRI (surat Al-Insan).”
(HR. Imam Muslim, no.1454)

2. Membaca Surat Al-Jumuah Dan Al-Munafiqun, Atau Al-Ala Dan Al-Ghasyiyah Dalam Shalat Jumat.
Sahabat Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhuma berkata;

وَأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ فِي صَلَاةِ الْجُمُعَةِ سُورَةَ الْجُمُعَةِ وَالْمُنَافِقِينَ
“Dan dalam shalat Jumat, beliau membaca surat Al-Jumuah dan surat Al-Munafiqun.”
(HR. Imam Muslim, no.1454)

Lalu, terkadang juga Rasulullah membaca surat Al-Ala dan surat Al-Ghasyiyah dalam shalat Jumat. Sebagaimana Sahabat Numan bin Basyir radhiyallahu anhu berkata;

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الْعِيدَيْنِ وَفِي الْجُمُعَةِ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَهَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ قَالَ وَإِذَا اجْتَمَعَ الْعِيدُ وَالْجُمُعَةُ فِي يَوْمٍ وَاحِدٍ يَقْرَأُ بِهِمَا أَيْضًا فِي الصَّلَاتَيْنِ
“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam biasa membaca surat Al-Ala dan surat Al-Ghasyiyah dalam shalat dua hari raya dan shalat Jumat. Apabila shalat id bertepatan dengan hari Jumat, maka beliau juga membaca kedua surat tersebut dalam kedua shalat itu.”
(HR. Imam Muslim, no.1452)

3. Membaca Surat Al-Kahfi.
Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ
“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kabah.”
(HR. Ibnu Al-Mulaqqin, Tuhfatu Al-Muhtaj, 1:522. Hadits ini shahih atau hasan)

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.”
(HR. Al-Albani, Shahih Al-Jami, no.6470)

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ كَمَا أُنْزِلَتْ كَانَتْ لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ مَقَامِهِ إِلَى مَكَّةَ وَمَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ آخِرِهَا ثُمَّ خَرَجَ الدَّجَالُ لَمْ يُسَلَّطْ عَلَيْهِ وَمَنْ تَوَضَّأَ ثُمَّ قَالَ سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنّتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ كُتِبَ بِرَقٍّ ثُمَّ طُبِعَ بِطَابَعٍ فَلَمْ يُكْسِرْ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ
“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi sebagaimana diturunkan, maka dia akan mendapatkan cahaya dari tempat dia berdiri hingga Mekkah. Barang siapa membaca 10 akhir ayatnya kemudian keluar Dajjal, maka dia tidak akan dikuasai. Barang siapa yang berwudhu, lalu dia ucapkan: Subhanaka allahumma wa bi hamdika laa ilaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik (maha suci Engkau Ya Allah, segala pujian untukMu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar selain Engkau, aku senantiasa memohon ampun dan bertaubat kepadaMu, maka akan dicatat untuknya dikertas dan dicetak, sehingga tidak akan luntur hingga hari Kiamat.”
(HR. Al-Albani, Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, no.2651)

4. Banyak Bershalawat.
Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا
“Barang siapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.”
(HR. Imam Muslim, no.616)

أَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلَاةِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلَاةَ أُمَّتِي تُعْرَضُ عَلَيَّ فِي كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَيَّ صَلاةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّي مَنْزِلَةً
“Perbanyaklah membaca shalawat untukku di hari Jumat, karena shalawat umatku ditunjukkan kepadaku setiap hari Jumat. Siapa saja yang paling banyak shalawatnya untukku, maka dia adalah orang yang paling dekat kedudukannya denganku.”
(HR. Al-Albani, Shahih At-Targhib, no.1673. Hadits ini hasan lighairihi)

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فِيهِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ قَالَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَكَيْفَ تُعْرَضُ صَلَاتُنَا عَلَيْكَ وَقَدْ أَرِمْتَ يَقُولُونَ بَلِيتَ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ حَرَّمَ عَلَى الْأَرْضِ أَجْسَادَ الْأَنْبِيَاءِ
“Sesungguhnya di antara hari-hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu beliau wafat, pada hari itu juga ditiup (sangkakala), dan pada hari itu juga mereka pingsan. Maka perbanyaklah shalawat kepadaku, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku. Sahabat Aus bin Aus radhiyallahu anhu berkata: Para sahabat bertanya, wahai Rasulullah bagaimana mungkin shalawat kami bisa disampaikan kepadamu, sementara engkau telah wafat? Atau mereka (para Sahabat) berkata: Telah hancur (menjadi tulang). Lalu beliau bersabda: Sesungguhnya Allah azza wa jalla mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.”
(HR. Abu Dawud, no.883)

• Di antara lafazh-lafazh shalawat yang disunnahkan untuk dibaca adalah;

– Pertama: Dari Sahabat Abu Humaid As-Saidi radhiyallahu anhu.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Allahumma Shalli Alaa Muhammadin Wa Azwaajihi Wa Dzurriyyatihii Kamaa Shallayta Alaa Aali Ibrahim Wa Baarik Alaa Muhammadin Wa Azwaajihi Wa Dzurriyyatihii Kamaa Baarakta Alaa Aali Ibrahim Innaka Hamiidun Majiid.

Sebagaimana Sahabat Abu Humaid As-Saidi radhiyallahu anhu bercerita;

أَنَّهُمْ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ نُصَلِّي عَلَيْكَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُولُوا اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
“Bahwa mereka (para Sahabat) berkata: Wahai Rasulullah, bagaimana caranya kami bershalawat kepada engkau? Maka Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Ucapkanlah: Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad, istri-istrinya, dan anak keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada keluarga Ibrahim. Dan berilah barakah kepada Muhammad, istri-istrinya, dan anak keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberi barakah kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkah maha terpuji dan maha mulia.”
(HR. Imam Bukhari, no.3118)

– Kedua: Dari Sahabat Kaab bin Ujrah radhiyallahu anhu.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيد
Allahumma Shalli Alaa Muhammadin Wa Alaa Aali Muhammad Kamaa Shallayta Alaa Ibrahiim Wa Alaa Aali Ibrahim Innaka Hamiidun Majid. Allahumma Baarik Alaa Muhammadin Wa Alaa Aali Muhammadin Kamaa Baarakta Alaa Ibrahiim Wa Alaa Aali Ibrahim Innaka Hamiidun Majiid.

Sebagaimana Abdurrahman bin Abi Laila rahimahullah bercerita;

لَقِيَنِي كَعْبُ بْنُ عُجْرَةَ فَقَالَ أَلَا أُهْدِي لَكَ هَدِيَّةً سَمِعْتُهَا مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ بَلَى فَأَهْدِهَا لِي فَقَالَ سَأَلْنَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الْبَيْتِ فَإِنَّ اللَّهَ قَدْ عَلَّمَنَا كَيْفَ نُسَلِّمُ عَلَيْكُمْ قَالَ قُولُوا اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيد
“Kaab bin Ujrah radhiyallahu anhu menemuiku lalu berkata: Maukah kamu aku hadiahkan suatu hadiah yang aku mendengarnya dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam? Aku jawab: Ya, hadiahkanlah aku! Lalu dia berkata: Kami pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam: Wahai Rasulullah, bagaimana caranya kami bershalawat kepada tuan-tuan kalangan Ahlul Bait, sementara Allah telah mengajarkan kami tentang cara menyampaikan salam kepada kalian? Maka beliau bersabda: Ucapkanlah: Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkah maha terpuji dan maha mulia. Ya Allah berilah barakah kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi barakah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau maha terpuji dan maha mulia.”
(HR. Imam Bukhari, no.3119)

– Ketiga: Dari Sahabat Abu Masud Al-Anshari radhiyallahu anhu.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Allahumma Shalli Alaa Muhammad Wa Alaa Aali Muhammad Kamaa Shallaita Alaa Aali Ibrahiima Wa Baarik Alaa Muhammad Wa Alaa Aali Muhammad Kamaa Baarakta Alaa Aali Ibrahiima Fil Aalamiina Innaka Hamiidun Majiid.

Sebagaimana Sahabat Abu Masud Al-Anshari radhiyallahu anhu bercerita;

أَتَانَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَحْنُ فِي مَجْلِسِ سَعْدِ بْنِ عُبَادَةَ فَقَالَ لَهُ بَشِيرُ بْنُ سَعْدٍ أَمَرَنَا اللَّهُ تَعَالَى أَنَّ نُصَلِّيَ عَلَيْكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَكَيْفَ نُصَلِّي عَلَيْكَ قَالَ فَسَكَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى تَمَنَّيْنَا أَنَّهُ لَمْ يَسْأَلْهُ ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُولُوا اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ وَالسَّلَامُ كَمَا قَدْ عَلِمْتُمْ
“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mendatangi kami, sedangkan kami berada dalam majelis Sa’d bin Ubadah, maka Basyir bin Saad berkata kepadanya: Allah memerintahkan kami untuk mengucapkan shalawat atasmu wahai Rasulullah, lalu bagaimana cara bershalawat atasmu? Perawi berkata: Lalu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam diam hingga kami berangan-angan, bahwa dia tidak menanyakannya kepada beliau. Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Katakanlah: Ya Allah, berilah shalawat atas Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau memberi shalawat atas keluarga Ibrahim. Dan berilah keberkahan atas Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau memberi keberkahan kepada keluarga Ibrahim di dunia. Engkau maha terpuji dan maha mulia. Dan salam sebagaimana yang telah kalian ketahui.”
(HR. Imam Muslim, no.613)

• Catatan: Adapun untuk shalawat lainnya yang tidak berdasarkan sunnah Rasulullah, maka tidak boleh diamalkan. Berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam;

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ
“Barang siapa yang mengamalkan suatu amalan yang tidak berdasarkan perintah (contoh) dari kami, maka amalan tersebut tertolak.”
(HR. Imam Muslim, no.3243)

5. Banyak Berdoa.
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

فِي الْجُمُعَةِ سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ قَائِمٌ يُصَلِّي فَسَأَلَ اللَّهَ خَيْرًا إِلَّا أَعْطَاهُ وَقَالَ بِيَدِهِ وَوَضَعَ أُنْمُلَتَهُ عَلَى بَطْنِ الْوُسْطَى وَالْخِنْصِرِ قُلْنَا يُزَهِّدُهَا
“Pada hari Jumat terdapat waktu, yang tidaklah seorang hamba muslim shalat dan berdoa kepada Allah di waktu tersebut, kecuali Allah akan mengabulkannya. Beliau memberi isyarat dengan tangannya dan meletakkan ujung jari-jarinya pada jari tengah dan jari kelingking.”
(HR. Imam Bukhari, no.4884)

Terdapat beberapa pendapat dari para ulama tentang waktu mustajab yang dimaksud dalam hadits di atas. Dari sekian banyak pendapat, ada 2 pendapat yang dianggap lebih kuat, yaitu;

– Pertama: Ketika imam (khatib) naik mimbar hingga selesai shalat Jumat.

Sahabat Abu Musa Al-Asyari radhiyallahu anhu bercerita;

قَالَ لِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ أَسَمِعْتَ أَبَاكَ يُحَدِّثُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي شَأْنِ سَاعَةِ الْجُمُعَةِ قَالَ قُلْتُ نَعَمْ سَمِعْتُهُ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ هِيَ مَا بَيْنَ أَنْ يَجْلِسَ الْإِمَامُ إِلَى أَنْ تُقْضَى الصَّلَاةُ
“Abdullah bin Umar bertanya kepadaku: Apakah kamu pernah mendengar ayahmu meriwayatkan hadits dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam perihal satu waktu mustajab pada hari Jumat? Abu Burdah berkata: Aku menjawab: Ya, aku mendengarnya berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Waktunya adalah antara imam duduk (di mimbar) hingga selesai shalat Jumat.”
(HR. Imam Muslim, no.1409)

Pendapat ini juga dipilih oleh Imam Muslim, An-Nawawi, Al-Qurthubi, dan ulama lainnya rahimahumullah.

– Kedua: Setelah Ashar hingga terbenamnya matahari.

يَوْمُ الْجُمُعَةِ ثِنْتَا عَشْرَةَ يُرِيدُ سَاعَةً لَا يُوجَدُ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ شَيْئًا إِلَّا أَتَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ
“Hari Jumat itu ada 12 jam, dan tidak didapati seorang muslim pun yang meminta (berdoa) kepada Allah, kecuali Allah azza wa jalla akan mengabulkannya. Maka bersegeralah untuk mendapatkannya pada waktu-waktu akhir setelah Ashar.”
(HR. Abu Dawud, no.884)

Pendapat ini juga dipilih oleh Imam At-Tirmidzi, dan Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah rahimahumallah. Dan pendapat ini yang lebih dikenal (masyhur) dikalangan para ulama.

Sahabat Abdullah bin Salam radhiyallahu anhu bercerita;

قُلْتُ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَالِسٌ إِنَّا لَنَجِدُ فِي كِتَابِ اللَّهِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ سَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُؤْمِنٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ فِيهَا شَيْئًا إِلَّا قَضَى لَهُ حَاجَتَهُ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ فَأَشَارَ إِلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْ بَعْضُ سَاعَةٍ فَقُلْتُ صَدَقْتَ أَوْ بَعْضُ سَاعَةٍ قُلْتُ أَيُّ سَاعَةٍ هِيَ قَالَ هِيَ آخِرُ سَاعَاتِ النَّهَارِ قُلْتُ إِنَّهَا لَيْسَتْ سَاعَةَ صَلَاةٍ قَالَ بَلَى إِنَّ الْعَبْدَ الْمُؤْمِنَ إِذَا صَلَّى ثُمَّ جَلَسَ لَا يَحْبِسُهُ إِلَّا الصَّلَاةُ فَهُوَ فِي الصَّلَاةِ
“Aku bertanya sementara Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sedang duduk: Dalam Kitabullah kami mendapati satu waktu di hari Jumat, tidaklah seorang mukmin pada waktu tersebut berdiri shalat dan meminta sesuatu kepada Allah, kecuali Dia akan memenuhinya. Abdullah berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berisyarat kepadaku: Atau sebagian waktu. Lalu aku berkata: Kamu benar, atau sebagian waktu. Aku tanyakan: Kapan waktu itu? Dia menjawab: Di akhir waktu siang hari. Aku bertanya: Bukankah itu waktu shalat? Dia menjawab: Benar, sesungguhnya seorang hamba yang beriman apabila shalat kemudian duduk, dan tidak ada yang menahannya untuk duduk kecuali karena menunggu shalat, maka dia pun terhitung sedang mengerjakan shalat.”
(HR. Ibnu Majah, no.1129)

Imam Ibnu Hajar rahimahullah berkata;
“Dari dua pendapat di atas, maka pendapat yang lebih kuat dan mendekati kebenaran adalah pendapat yang kedua.”
(Fathu Al-Bari, 11:199)

6. Berjima (Berhubungan Badan).
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

مَنْ غَسَّلَ وَاغْتَسَلَ وَغَدَا وَابْتَكَرَ وَدَنَا مِنْ الْإِمَامِ وَلَمْ يَلْغُ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا
“Barang siapa menggauli istrinya (berjima) dan mandi, lalu dia segera berangkat (ke masjid) sedini (sesegera) mungkin serta mendekat kepada imam, dan dia tidak melakukan hal yang sia-sia, maka setiap langkahnya seperti amalan satu tahun disertai puasa dan shalat malamnya.”
(HR. An-Nasai, no.1364)

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغَسَّلَ وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ وَدَنَا وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا أَجْرُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا
“Barang siapa yang mandi di hari Jumat dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya, lalu dia pergi di awal waktu atau dia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu dia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti pahala puasa dan shalat setahun.”
(HR. At-Tirmidzi, no.456)

Imam Ahmad rahimahullah menjelaskan;
“Makna Ghassala adalah menyetubuhi istri.”
(Fathu Al-Bari, 2:366)

Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan;
“Jika seseorang meniatkan mandi junub dan mandi Jumat sekaligus, maka maksud tersebut dibolehkan.”
(Al-Majmu, 1:326)

Imam Abu At-Thayyib rahimahullah menjelaskan;
“Bahwa ada sebagian ulama yang mengartikan kata ‘memandikan’ dengan menggauli istri. Karena ketika seorang suami melakukan hubungan intim dengan istri, berarti dia memandikan istrinya. Dengan melakukan hal ini sebelum berangkat shalat Jumat, seorang suami akan lebih bisa menekan syahwatnya dan menahan pandangannya ketika menuju masjid.”
(Aunu Al-Mabud, 2:8)

Jadi, waktu jima (berhubungan badan dengan pasangan halal) yang disunnahkan adalah di pagi hari Jumat, bukan Kamis malam Jumat.

Salah satu alasan lain berhubungan badan disunnahkan pada pagi hari Jumat adalah agar suaminya bisa mandi junub sebelum berangkat ke masjid untuk shalat Jumat.

Catatan: Untuk menambah pengetahuan tentang jima, silakan bisa membaca tulisan Penulis yang berjudul: Manfaat Jima (Bersetubuh Dengan Pasangan Halal).

Baca pembahasan selengkapnya tentang ilmu dan ibadah seputar hari Jumat di sini.
___
@Kota Angin Majalengka,07 Muharram 1441H/06 September 2019M.
✍ Penulis: Abu Humairo Muhamad Fadly

BERBAGI
Artikel sebelumnyaKeutamaan Hari Jumat
Artikel sesudahnyaAdab Shalat Jumat
Khiyaar TV adalah media dakwah dan sosial yang berada di daerah Cideres, Majalengka, Jawa Barat. Khiyaar TV mulai terbentuk pada 08 Ramadhan 1438H/03 Juni 2017M. Berawal dari satu orang dari kami yang menemani perjalanan Ustadz Abu Humairo Muhamad Fadly hafizhahullah mengisi kajian rutin dengan kendaraan pribadi miliknya. Waktu itu Ustadz sedang ada jadwal mengisi kajian daurah Ramadhan di daerah Indramayu (tetangga kota Majalengka). Dari situlah, semuanya bermula. Orang tersebut adalah yang mengenalkan kami dengan Ustadz Abu Humairo Muhamad Fadly. Padahal, kami sudah cukup lama tinggal di Majalengka, karena memang sebagian besar dari kami adalah putra asli Majalengka. Namun, kami belum kenal dengan Ustadz, sehingga kami belum tahu adanya majelis ilmu rutin di sekitar Cideres, Majalengka. Alhamdulillah alladzi binimatihi tatimmus shaalihaat, kami sangat bersyukur kepada Allah azza wa jalla, pertemuan kami dengan orang tersebut adalah awal dari pintu kebaikan. Sebab situlah kami kenal dengan Ustadz, mulai bisa merasakan nikmatnya duduk di majelis ilmu dengan rutin dan sampai pada Allah pun mudahkan langkah kebaikan untuk kami, yakni dengan kami pun bisa membuat sebuah komunitas Islam dan media dakwah. Karena kami memiliki cita-cita ingin menjadi makhluk Allah yang bermanfaat untuk makhluk Allah yang lain, maka kami juga membuat berbagai program sosial, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap sesama, dan inilah akhlak yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan para Sahabatnya radhiyallahu anhum, sehingga terbentuklah MEDIA DAKWAH & SOSIAL KHIYAAR TV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here